Ekonomi Menurut Para Ahli dan Prinsipnya

Ekonomi menurut para ahli dan prinsipnya, Apa itu ekonomi dan ngapain juga sih kamu perlu tau seputar prinsip dan pengertiannya? Hidup kita nggak bisa lepas dari aktivitas ekonomi. Dengan kamu paham makna, prinsip dan pengertiannya, harapannya kamu bisa lebih bijak dalam menjalankan kehidupan ekonomi.

Prinsipnya bagaimana kehidupan ekonomi jadi lebih mudah, lebih terencana, dan nggak ada masalah tentunya. Sebab, masalah ekonomi ini jadi salah satu sumber masalah terbesar dalam kehidupan manusia. Nggak cuma buat individu, tapi juga rumah tangga, atau bahkan kehidupan bernegara.

Apa itu Ekonomi?

Apa itu ilmu ekonomi? Secara umum ekonomi ini memiliki pengertian sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan menggunakan sumber daya yang tersedia.

Segala bentuk usaha dan upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup tersebut dalam rangka untuk mendapatkan kesejahteraan hidup. Walaupun nggak mutlak berpengaruh pada kebahagiaan hidup, kehidupan ekonomi yang baik akan menjadi bagian dari sumber kebahagiaan manusia.

Apakah orang yang menguasai ilmu ekonomi dengan baik sudah pasti kehidupan ekonominya juga akan baik? Belum tentu, karena selain karena faktor usaha dan kreativitas individu, faktor rezeki yang kaitannya dengan nilai religiusitas juga bisa berpengaruh.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian ekonomi menurut para ahli ada banyak sekali definisinya. Di antara pengertian tersebut ada beberapa yang bisa kamu jadikan referensi, yakni:

1. Richard G. Lipsey

Menurut Richard G. Lipsey, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang upaya pemanfaatan sumber daya yang terbatas dan langka dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia yang jumlahnya tanpa batas.

2. Adam Smith

Adam Smith mengaitkan ilmu ekonomi dengan negara. Ia mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai upaya penyelidikan terhadap kondisi penyebab dari munculnya kekayaan sebuah negara.

3. Alfred Marshall

Definisi ekonomi menurut Alfred Marshal adalah ilmu tentang usaha individu terkait pekerjaan dalam kehidupan dan membahas tentang bagaimana manusia meraih pendapatan sekaligus menggunakannya.

Prinsip Ekonomi Secara Umum

Kegiatan ekonomi secara umum mengacu pada beberapa prinsip secara umum, yakni:

1. Prinsip Produksi

Kegiatan produksi akan menghasilkan sebuah produk dan selanjutnya produk tersebut menjadi objek pemenuhan terhadap kebutuhan hidup manusia. Melakukan produksi adalah bagian dari prinsip ekonomi secara umum.

Adanya produksi, selain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, juga untuk mendapatkan keuntungan yang besar, meningkatkan kesejahteraan, mengurangi pengangguran dan lainnya.

2. Prinsip Distribusi

Proses untuk menyalurkan produk kepada pasar agar bisa memenuhi kebutuhan hidup manusia ini adalah maksud dari distribusi. Adanya distribusi ini bertujuan untuk memastikan bahwa hasil dari produksi bisa sampai ke konsumen dengan baik.

3. Prinsip Konsumsi

Prinsip ekonomi lainnya adalah konsumsi. Konsumsi adalah upaya untuk menggunakan produk berupa barang atau jasa. Inilah tujuan akhir dari ekonomi tersebut.

Ruang Lingkup Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi memiliki beberapa ruang lingkup, yakni:

1. Ekonomi Deskriptif

Kamu masih ingat bagaimana kondisi ekonomi Indonesia di tahun 1998 yang sempat jatuh karena kondisi krisis yang parah? Ini adalah salah satu contoh ruang lingkup ekonomi deskriptif, di mana ilmu ekonomi mencakup penggunaan angka, kurva, grafik untuk melakukan analisa terhadap kondisi ekonomi di wilayah tertentu. Data yang ada menjadi cara untuk memahami kondisi dan situasi ekonomi yang sedang terjadi.

2. Teori Ekonomi

Teori ekonomi merupakan ilmu ekonomi yang menjelaskan hubungan sebab akibat, pengertian, dan cara kerja dari sistem ekonomi. Mencakup ekonomi makro dan mikro.

3. Ekonomi Terapan

Teori yang menjawab adanya sebab akibat plus solusi dari suatu masalah ekonomi merupakan bagian dari ekonomi terapan. Sebagai contoh ekonomi syariah, ekonomi politik, ekonomi pembangunan dan lainnya.

Perkembangan ilmu ekonomi semakin dinamis dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Aktivitas ekonomi membutuhkan inovasi pengembangan teknologi digital dalam rangka semakin memudahkan berbagai kegiatan dan aktivitas ekonomi masyarakat.

Dalam hal ini, Telkomsel sebagai bagian dari penyedia layanan teknologi di Indonesia telah mendorong pengembangan berbagai platform digital ekonomi terkini untuk mempermudah banyak orang melakukan edukasi dan pemenuhan kebutuhan ekonomi.

Salah satunya adalah Kuncie, yang merupakan bagian dari pelayanan edu technology kepada masyarakat Indonesia. Dukungan sepenuhnya dari Telkomsel ini terkait berbagai pengembangan ekonomi digital di tanah air yang terus berkembang.

Terlebih lagi dengan pengembangan jaringan 5G Telkomsel yang pertama di Indonesia, menjadikan pengembangan ekonomi digital semakin pesat dan menjanjikan. Akses jaringan ultra cepat yang membantu berbagai aktivitas ekonomi lebih mudah, cepat, dan canggih.

Nah, artikel diatas menjelaskan tentang ekonomi menurut para ahli dan prinsipnya yang wajib kalian ketahui dan kalian fahami. Semoga Bermanfaat!