Sejumlah anggota Polres Jombang terlihat membersihkan lantai Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. (Foto: Adi Rosul/JombangTIMES)
Sejumlah anggota Polres Jombang terlihat membersihkan lantai Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. (Foto: Adi Rosul/JombangTIMES)

Jajaran Kepolisian Resort Jombang melakukan bersih-bersih di sejumlah objek fasilitas umum. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Salah satu area publik yang menjadi sasaran kerja bakti jajaran Polres Jombang ini adalah Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang, di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Jombatan, Jombang.

Ada puluhan anggota kepolisian yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan melakukan bersih-bersih pada Sabtu (14/3) pagi.

Di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang ini, para anggota Polres Jombang terlihat membersihkan bagian halaman depan masjid, bagian dalam masjid hingga kamar mandi dan tempat wudhu. 

Sapu dan alat pembersih lantai menjadi senjata mereka selama kerja bakti membersihkan masjid dari debu dan kotoran yang menempel di sudut-sudut bagian ruangan masjid.

Dikatakan Boby, kegiatan bersih-bersih ini merupakan perintah langsung dari pimpinan Polri. Ini merupakan cara aparat kepolisian untuk mewaspadai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di kota santri.

"Kita harus menggelorakan pola hidup bersih dan hidup sehat. Sebagai bentuk kita melawan rasa takut kita, melawan rasa kepanikan kita terhadap penyebaran virus Corona ini," terangnya saat diwawancarai seusai melakukan bersih-bersih di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.

Kapolres juga berharap agar apa yang ia lakukan ini bisa dicontoh oleh masyarakat, untuk membudayakan hidup bersih. Hidup bersih ini dinilai sebagai salah satu cara untuk menangkal penyebaran virus Corona.

"Mudah-mudahan bisa menjadi sesuatu yang ditiru, menjadi budaya bagi masyarakat kita untuk melawan virus Corona dengan membudayakan hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan bersih-bersih atau kerja bakti ini," tandasnya.

Sementara, selain di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang, kerja bakti untuk bersih-bersih juga akan dilakukan di objek fasilitas umum lainnya. Seperti di terminal, dan tempat-tempat wisata di Jombang.

Tidak hanya itu, Kapolres juga mengintruksikan seluruh Polsek jajaran agar melakukan keja bakti di wilayah hukumnya. 

"Di polsek jajaran tadi malam sudah saya perintahkan untuk melakukan kebersihan di mako, melakukan kebersihan di tempat yang ramai seperti pasar. Hari ini kita juga lakukan bersih-bersih di terminal, kantor Polres dan asrama polisi," pungkasnya.(*)