Mugianto, Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek
Mugianto, Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek

Untuk memastikan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tepat sasaran, Komisi IV DPRD Trenggalek kembali lakukan inspeksi mendadak.

Dari hasil sidak di dua kecamatan, didapati masih banyak keluarga yang butuh bantuan justru belum terdaftar dalam PKH dan sebaliknya yang dirasa mampu masih mendapat bantuan.

Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek Mugianto menerangkan pihaknya sudah melakukan klarifikasi dengan pengawas PKH, data yang dimiliki pusat dan daerah belum selaras.

"Saya kemarin sidak ke Bendungan Dan Pule, saya menemukan sendiri banyak masyarakat yang betul-betul miskin malah belum masuk di data penerima bantuan," ucap Ketua Fraksi Demokrat DPRD Trenggalek, Kamis (06/02/20).

Dalam waktu dekat, pihaknya bakal mengklarifikasi hasil Musdes yang sudah dilakukan di Kabupaten Trenggalek. Pasalnya dengan data yang keluar dari pusat ternyata banyak yang belum sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

"Sepertinya ada kesalahan data, baik dari pusat maupun dari daerah. Seperti halnya data dari pusat, pusat sendiri ketika data turun tidak sesuai dengan data yang dikirim oleh kabupaten," tambahnya.

Saat ini pihaknya bersama tim tengah menggali sumber dan mengumpulkan data. Jika memang kesalahan ada pada pengolahan data pusat, pihaknya bakal melayangkan laporan.

"Kalau hal tersebut memang diakibatkan oleh data pusat, tentunya kita juga akan menyampaikan pada kementerian sosial pusat bahwa data kemiskinan di Trenggalek itu seperti ini," pungkas Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek yang biasa disapa Obeng tersebut.