Kajari Trenggalek tolak uang sumbangan dari hasil ngamen peserta aksi demo
Kajari Trenggalek tolak uang sumbangan dari hasil ngamen peserta aksi demo

Puluhan aktivis yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Peduli Trenggalek geruduk kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Trenggalek. Puluhan masa aksi menuding bahwa Kejaksaan tidak bisa menyelesaikan kasus korupsi yang ada di Trenggalek.

Rombongan demonstran datangi kejaksaan bukan dengan tangan kosong, mereka juga membawa sejumlah uang hasil ngamennya di jalan. Aksi tersebut dilakukan atas dasar pernyataan Kajari Trenggalek pada desember akhir kemarin bahwa pihaknya kehabisan anggaran saat menangani kasus.

"Berawal dari banyaknya temuan pekerjaan umum yang buruk di Kabupaten Trenggalek yang tidak disikapi oleh aparat dan pernyataan Kajari pada bulan Desember kemarin kehabisan anggaran, kami menerjemahkan pernyataan Kajari dengan melakukan pengumpulan uang ngamen dari rakyat untuk disumbangkan kepada Kajari," terang Imam Bachrodin selaku koordinator masa aksi, Senin (03/02/20).

Sementara itu, Lulus Mustofa Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Trenggalek menerangkan akar permasalahan yang mengharuskan pihaknya mengeluarkan pernyataan anggaran habis.

"Jadi ceritanya di akhir tahun kemarin ada temen wartawan telpon saya menanyakan perkembangan kasus PDAU, karena kasus tersebut banyak menyita waktu kami, kami harus bolak balik ke Surabaya akhirnya anggaran terserap habis pada akhir tahun," ucap Lulus.

Lulus menambahkan bahwa pihaknya tidak menghentikan proses penanganan kasus. Pasalnya awal tahun ini kasus tersebut kembali di tindaklanjuti.

"Sebenarnya bukan mandek, bukan anggaran habis, anggaran itu sudah terserap habis tepat pada akhir tahun 2019. Jadi sesuai prosedur kasus akan ditindaklanjuti ketika masuk tahun penganggaran berikutnya. Bahkan pada awal tahun 2020 ini kasus tersebut juga sudah kami tindaklanjuti kembali," tambahnya.

Sementara uang hasil ngamen peserta aksi damai bakal disumbangkan ke panti asuhan, karena Kajari Trenggalek menolak pemberian uang tersebut.